Senin, 01 Februari 2021

PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN KALIMAT EFEKTIF TERHADAP TINGKAT KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 WATAMPONE

 ANDI IRFAN DAN NURHAYATI MALI
PPs Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Watampone; (2) untuk mengetahui pengaruh penguasaan kalimat efektif terhadap tingkat keterampilan berbicara pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Watampone; (3) untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata dan kalimat efektif terhadap tingkat keterampilan berbicara pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Watampone. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ex post facto. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian serta hasil analisis statistik yang telah dilakukan, kesimpulan yang dikemukakan adalah: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan penguasaan kosakata dan kalimat efektif terhadap keterampilan berbicara siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Watampone. Hal tersebut terlihat dari hasil analisis regresi ganda dengan uji signifikasi uji F menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil uji diperoleh Fhitung sebesar 71,831 dan Ftabel sebesar 3,23. Hal tersebut membuktikan Fhitung lebih besar dari Ftabel. Sedangkan untuk nilai p sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikasi 5% (0,000<0,05). Jelas terlihat bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh penguasaan kosakata dan kalimat efektif yang secara bersama-sama terhadap keterampilan berbicara diterima; (2) Semakin banyak penguasaan dan pembendaharann kosakata pada siswa maka semakin membuat siswa trampil dalam berbicara; (3) semakin baik pemahaman dan penguasaan susunan kalimat efektif siswa, maka membuat siswa menjadi pembicara yang dapat dipahami oleh pendengar.

Kata Kunci: Kosakata, Kalimat Efektif, dan Keterampilan Berbicara.

Klik download (Full text)


Related Posts:

0 komentar:

Posting Komentar