PPs Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ABSTRAK
Tujuan
penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap
keterampilan
berbicara pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Watampone; (2) untuk mengetahui
pengaruh penguasaan kalimat efektif terhadap tingkat keterampilan berbicara
pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Watampone; (3) untuk mengetahui pengaruh
penguasaan kosakata dan kalimat efektif terhadap tingkat keterampilan berbicara
pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Watampone. Desain yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu ex post facto. Berdasarkan data yang diperoleh
dari hasil penelitian serta hasil analisis statistik yang telah dilakukan,
kesimpulan yang dikemukakan adalah: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan
penguasaan kosakata dan kalimat efektif terhadap keterampilan berbicara siswa
kelas XI IPA SMA Negeri 2 Watampone. Hal tersebut terlihat dari hasil analisis regresi
ganda dengan uji signifikasi uji F menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil
uji diperoleh Fhitung sebesar 71,831 dan Ftabel sebesar
3,23. Hal tersebut membuktikan Fhitung lebih besar dari Ftabel.
Sedangkan untuk nilai p sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikasi 5%
(0,000<0,05). Jelas terlihat bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh
penguasaan kosakata dan kalimat efektif yang secara bersama-sama terhadap
keterampilan berbicara diterima; (2) Semakin banyak penguasaan dan pembendaharann
kosakata pada siswa maka semakin membuat siswa trampil dalam berbicara; (3)
semakin baik pemahaman dan penguasaan susunan kalimat efektif siswa, maka
membuat siswa menjadi pembicara yang dapat dipahami oleh pendengar.
Kata Kunci: Kosakata,
Kalimat Efektif, dan Keterampilan Berbicara.
Klik download (Full text)
0 komentar:
Posting Komentar