SITI
KHOLIPAH
email: ifaliant78@gmail.com
ABSTRAK
Salah satu bentuk kemampuan
berbicara adalah bercerita. Pada umumnya, siswa SMP masih banyak yang kesulitan
dalam bercerita. Hal ini juga yang dialami oleh sebagian besar siswa SMP Negeri
1 Rantau Pulung. Hal ini disebabkan karena kurangnya inovasi dan kreativitas
guru dalam menentukan teknik keterampilan bercerita kepada siswa. Rasa percaya
diri grogi ataupun gugup juga senantiasa menjadi permasalahan yang perlu segera
diambil alternatif pemecahannya. Salah satu upaya yang dapat dijadikan
alternatif pemecahan masalah tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran
keterampilan bercerita menggunakan media wayang karakter. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa kelas VII SMP Negeri 1
Rantau Pulung dalam menceritakan isi cerita fabel dengan menggunakan media
wayang karakter. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penilaian Tindakan
Kelas yang direncanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sesuai
dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu mencapai ketuntasan
belajar. Prosedur penelitian yang akan dilaksanakan adalah perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
peneltian ini adalah nontes dan tes akhir siklus. Teknis analisis data secara
kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan
bahwa dengan menggunakan media wayang karakter, keterampilan bercerita siswa
mengalami peningkatan sebesar 7,8%. Pada siklus I, nilai rata-rata yang
diperoleh siswa sebesar 73,4%. Selanjutnya pada siklus II, hasil yang dicapai
sebesar 81,2%. Perilaku yang ditunjukkan siswa pun berubah setelah diberi
tindakan. Siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, tidak gugup atau
grogi, dan semakin percaya diri ketika bercerita di depan kelas. Hasil penelitian
disimpulkan bahwa penggunaan media wayang karakter dapat meningkatkan
keterampilan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rantau Pulung Kabupaten Kutai Timur
dalam menceritakan isi cerita fabel.
Kata Kunci: Cerita Fabel, bercerita, wayang karakter.
Klik download (Full text)
References
Arikunto,
Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi
Aksara.
Arsjad,
Maidar G. dan Mukti. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa
Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Kompetensi Bahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan,
Djago dkk. 1997. Pengembangan Keterampilan Berbicara. Jakarta:
Depdikbud Bagian Proyek PenataranGuru SLTP Setara DIII.
Tarigan,
H.G. 1981. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:
Angkasa.
0 komentar:
Posting Komentar