ALI HUSNI
aliehuzney89@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan
karena adanya kendala-kendala dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia.
Kendala yang dihadapai guru dalam pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia
ialah kurangnya minat siswa dan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar
sehingga materi yang diajarkan kurang menarik perhatian siswa. Hal ini
disebabkan karena kurangnya inovasi dan kreativitas guru dalam menggunakan
pendekatan pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung membosankan
bagi sebagian siswa. Salah satu pendekatan pembelajaran yang diduga mampu
mewujudkan situasi pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan
adalah dengan model pembelajaran explicit instruction. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan menulis surat dinas siswa kelas
VIII MTs Negeri Model Samarinda
dengan menerapkan model pembelajaran explicit instruction. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang
direncanakan dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sesuai dengan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai yaitu mencapai ketuntasan belajar. Prosedur penelitian yang akan dilaksanakan adalah perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah nontes dan tes akhir siklus. Teknik analisis data secara
kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan
bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas setiap siklus. Pada siklus I
terjadi peningkatan dari nilai rata-rata pada prasiklus sebelum menerapkan
model pembelajaran explicit instruction adalah 63,57 menjadi 68,07 atau
meningkat 4,5 poin. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan dari 68,07
menjadi 72,63 atau meningkat 4,56 poin dibandingkan nilai rata-rata siklus I. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran explicit instruction pada materi menulis surat
dinas dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Model
Samarinda.
Kata Kunci: Surat dinas, menulis, explicit instruction.
Klik download (Full text)
References
Arikunto,
Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Arifin, Zaenal, 1996.
Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat
Dinas. Jakarta:
Akademika
Pressindo
Chrisyanti, Mitayani, 2011. Mahir
Korespondensi Indonesia. Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Jabrohim, dkk. 2001. Cara Menulis Kreatif. Jakarta: Pustaka Belajar
Maidar, Sabarti, Sakura. 1988. Pembinaan
Kemampuan Menulis. Jakarta: Erlangga
Pusat Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Jakarta : Balai Pustaka
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Tarigan, Henry, Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
0 komentar:
Posting Komentar