Senin, 01 Februari 2021

PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS SURAT DINAS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION

ALI HUSNI
aliehuzney89@gmail.com

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan karena adanya kendala-kendala dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Kendala yang dihadapai guru dalam pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia ialah kurangnya minat siswa dan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar sehingga materi yang diajarkan kurang menarik perhatian siswa. Hal ini disebabkan karena kurangnya inovasi dan kreativitas guru dalam menggunakan pendekatan pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung membosankan bagi sebagian siswa. Salah satu pendekatan pembelajaran yang diduga mampu mewujudkan situasi pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan adalah dengan model pembelajaran explicit instruction. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan menulis surat dinas siswa kelas VIII MTs Negeri Model Samarinda dengan menerapkan model pembelajaran explicit instruction. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang direncanakan dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu mencapai ketuntasan belajar. Prosedur penelitian yang akan dilaksanakan adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah nontes dan tes akhir siklus. Teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas setiap siklus. Pada siklus I terjadi peningkatan dari nilai rata-rata pada prasiklus sebelum menerapkan model pembelajaran explicit instruction adalah 63,57 menjadi 68,07 atau meningkat 4,5 poin. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan dari 68,07 menjadi 72,63 atau meningkat 4,56 poin dibandingkan nilai rata-rata siklus I. Hasil penelitian disimpulkan bahwa  penerapan model pembelajaran explicit instruction pada materi menulis surat dinas dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Model Samarinda.

Kata Kunci: Surat dinas, menulis, explicit instruction.

Klik download (Full text)



References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Arifin, Zaenal, 1996. Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas. Jakarta:

Akademika Pressindo

Chrisyanti, Mitayani, 2011. Mahir Korespondensi Indonesia. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Jabrohim, dkk. 2001. Cara Menulis Kreatif. Jakarta: Pustaka Belajar

Maidar, Sabarti, Sakura. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis. Jakarta: Erlangga

Pusat Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia.  Jakarta : Balai Pustaka

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT  Raja Grafindo Persada

Tarigan, Henry, Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan BerbahasaBandung: Angkasa.

0 komentar:

Posting Komentar