NIRFAH
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan
bahasa Indonesia variasi alay;
mendeskripsikan karakteristik bahasa Indonesia variasi alay, dan mendeskripsikan faktor penyebab penggunaan bahasa
Indonesia variasi alay di kalangan
siswa SMK Komputer Mutiara Ilmu.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode simak, dan wawancara. Metode simak yang diikuti dengan teknik sadap,
teknik libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Selain itu, digunakan
teknik kuesioner. Data dianalisis dengan cara deskriptif kualitatif.Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia variasi alay dikalangan siswa SMK Komputer
Mutiara Ilmu jarang digunakan ketika berbicara kepada guru. Selanjutnya,
penggunaan bahasa Indonesia variasi alay dikalangan
siswa SMK Komputer Mutiara Ilmu lebih sering digunakan ketika berbicara dengan
temannya. Penggunaan kosakata bahasa Indonesia variasi alay di kalangan siswa SMK Komputer Mutiara Ilmu, dapat dilihat
dari segi penggunaan secara umum dan lokal, dari segi bentuk dapat
diklasifikasikan menjadi bentuk singkatan, bentuk akronim, dan interfrensi
bahasa daerah. Selain itu, bentuk kosakata bahasa Indonesia variasi alay di kalangan siswa juga dapat
dilihat dari segi tema dan penggunaan kata yang terdiri atas, masalah cinta
remaja; kenakalan remaja; lingkungan keluarga; lingkungan sekolah; nama orang;
nama tempat; sifat; persahabatan; makanan; bagian/anggota tubuh; masalah seks;
nama produk/merek barang; aktivitas; panggilan; teknologi; dan nama
kelompok/geng. Pengunaan bahasa Indonesia variasi alay di kalangan siswa pada umumnya diperoleh dari teman, media
elektronik, dan dari lingkungan keluarga.
Kata Kunci: Variasi, Bahasa
Indonesia alay, dan Siswa.
Klik download (Full text)
0 komentar:
Posting Komentar