Galuh Azizatus Samawati
galuhaziza@gmail.com
Bahasa merupakan salah satu kemampuan terpenting manusia yang
memungkinkan ia unggul atas makhluk-makhluk lain dimuka bumi. Bahasa merupakan
sarana komunikasi antar manusia, tanpa adanya bahasa, tiada komunikasi. Bahasa
pada anak mempunyai tujuan agar anak mampu berkomunikasi dan bisa mengenal
lingkungannya. Namun ada beberapa aspek kendala anak kesulitan belajar berbahasa
yang berasal dari dalam dan luar dirinya. Dan untuk itulah diperlukan perhatian
pola dan perilaku si anak serta pola penerapan pengajaran berbahasa yang baik dan
tepat bagi anak. Pengajaran yang tepat akan menjadikan anak mampu berbahasa dan
berkomunikasi dengan orang lain secara baik dan benar tanpa mengalami kendala
yang cukup berarti. Pengajaran yang tepat diperlukan oleh anak dari dalam
keluarga dan dari luar, yaitu dari sekolah dan lingkungannya. Untuk itulah
selain peran orang tua, peran guru juga memegang andil yang besar dalam pola
perkembangan berbahasa anak.
Kata Kunci:
Bahasa, Pengajaran, Anak.
Klik download (Full text)
Hurlock, Elizabeth B. 1992. Psikologi
Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Musthofa, Yanto. Bahasa Mencerdaskan Bangsa.
Bekasi: Yayasan Batutis AlIlmi, 2017
Nurbiana, Dhieni dkk. 2014. Metode
Pengembangan Bahasa. Tangerang: Universitas
Terbuka.
Ormrod, Jeanne Ellis. 2009. Psikologi
Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
Rineka Cipta.
0 komentar:
Posting Komentar