Selasa, 01 Desember 2020

PERKEMBANGAN BERBAHASA DAN PENGAJARANNYA PADA ANAK USIA DINI (TAMAN KANAK-KANAK)

Galuh Azizatus Samawati
galuhaziza@gmail.com

ABSTRAK

Bahasa merupakan salah satu kemampuan terpenting manusia yang memungkinkan ia unggul atas makhluk-makhluk lain dimuka bumi. Bahasa merupakan sarana komunikasi antar manusia, tanpa adanya bahasa, tiada komunikasi. Bahasa pada anak mempunyai tujuan agar anak mampu berkomunikasi dan bisa mengenal lingkungannya. Namun ada beberapa aspek kendala anak kesulitan belajar berbahasa yang berasal dari dalam dan luar dirinya. Dan untuk itulah diperlukan perhatian pola dan perilaku si anak serta pola penerapan pengajaran berbahasa yang baik dan tepat bagi anak. Pengajaran yang tepat akan menjadikan anak mampu berbahasa dan berkomunikasi dengan orang lain secara baik dan benar tanpa mengalami kendala yang cukup berarti. Pengajaran yang tepat diperlukan oleh anak dari dalam keluarga dan dari luar, yaitu dari sekolah dan lingkungannya. Untuk itulah selain peran orang tua, peran guru juga memegang andil yang besar dalam pola perkembangan berbahasa anak.

Kata Kunci: Bahasa, Pengajaran, Anak.

Klik download (Full text)

References

Hurlock, Elizabeth B. 1992.  Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Musthofa, Yanto. Bahasa Mencerdaskan Bangsa. Bekasi: Yayasan Batutis AlIlmi, 2017

Nurbiana, Dhieni dkk. 2014. Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang: Universitas         
                 Terbuka.

Ormrod, Jeanne Ellis. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Sunarto dan Hartono, Agung. 1994. Perkembangan Peserta Didik.  DEPDIKBUD:
                Rineka Cipta.



0 komentar:

Posting Komentar