Selasa, 02 Februari 2021

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI BIOTEKNOLOGI DAN PERANNYA DALAM KEHIDUPAN MANUSIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH BINTUNI

Siti Fatimah, S.Pd

SMP Muhammadiyah Bintuni
(alfatih.fatimah89@gmail.com)

Tujuan pelaksanaan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia melalui model Problem Based Learning Kelas IXC SMP Muhammadiyah Bintuni. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu peningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia melalui model Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Action Research) yang dalam pelaksanaannya terbagi atas siklus-siklus, tahapan setiap kegiatan siklus adalah merencanakan (planning), implementasi tindakan (action) dan observasi, refleksi, dan revisi. Penelitian ini dibuat menjadi dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan, selama pelaksanaan penelitian, proses belajar mengajar dipantau oleh seorang observer yaitu guru bidang studi IPA. Dari hasil penelitian ini, diperoleh suatu kesimpulan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar peserta didik. Khususnya pada pengajaran bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia kelas IX SMP Muhammadiyah Bintuni. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan secara bertahap dari siklus I sampai siklus II, dan peningkatan tingkat keberhasilan peserta didik dari observasi aktivitas dengan hasil pengamatan pada siklus I : 58,6%, pada siklus II : 85,05%. Dengan demikian pembelajaran IPA yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Penelitian perlu ditindak lanjuti untuk mengetahui faktor-faktor lain yang mempengaruhi proses belajar mengajar IPA dengan model pembelajaran Problem Based Learning, sehingga dapat melengkapi penelitian yang telah dilakukan. Saran model pembelajaran Problem Based Learning dapat dipergunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran IPA dalam meningkatkan aktivitas belajar IPA.

Keyword: PBL, Bioteknologi dan Peranannnya, Aktivitas Belajar.

Klik download (Full text)






REFERENCES

 Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT Rineka Cipta

 Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

 Iman, dkk. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Menggunakan Metode Demonsttrasi. Artikel. Dalam: fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura. Web. 24 Oktober 2020

 Jauharul. 2016. Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Online Untuk Pendidikan Jarak Jauh. ISSN. Vol 26 September: 1693-8739. Web. 12 Oktober 2020

 Prasetyo, Z. 2013. Konsep Dasar Pendidikan IPA. Makalah. Dalam: Bahan Ajar Pemantapan Penguasaan Materi Pendidikan Profesi Guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), 2013. Web. 12 Oktober 2020

 Rizwan. 2016. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Belajar IPA Melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Educatio. 2(1): 11-20, 4 April. Web. 24 Oktober 2020

 Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

 Rosarina, dkk. 2016. Penerapan Model Disccovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1). Web. 24 Oktober 2020

 Rosdiana, dkk. 2017. Pengaruh Penggunaan Discovery Learning Terhadap Efektivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan. 2(8), 20 Agustus. Web. 24 Oktober 2020

 Sudjana, N dan Suwariyah, W. 2010. Model-model Mengajar CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo

 Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

 Tursinawati. 2016. Penguasaan Konsep Hakikat Sains Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. 2(4): 72 84. Web. 12 Oktober 2020

 Yuliana, N. 2018. Pengunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 2(1), April 2018. Web. 24 Oktober 2020

 Jones, Beata. 2019. Good practice: Scaffolded, Collaborative Project-based Learning. Texas: Journal of the European Honors.

0 komentar:

Posting Komentar