Siti Fatimah,
S.Pd
SMP Muhammadiyah
Bintuni
(alfatih.fatimah89@gmail.com)
Tujuan pelaksanaan penelitian ini
untuk mengetahui sejauh mana peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi bioteknologi dan perannya
dalam kehidupan manusia melalui model Problem
Based Learning Kelas IXC SMP Muhammadiyah Bintuni. Permasalahan dalam penelitian
ini yaitu peningkatkan
aktivitas belajar peserta didik pada
pembelajaran IPA materi
bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia melalui
model Problem Based Learning. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Action Research) yang dalam
pelaksanaannya terbagi atas siklus-siklus, tahapan setiap kegiatan siklus
adalah merencanakan (planning), implementasi tindakan (action) dan observasi,
refleksi, dan revisi. Penelitian ini dibuat menjadi dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari
dua pertemuan, selama pelaksanaan penelitian, proses
belajar mengajar dipantau oleh seorang observer yaitu guru bidang studi IPA. Dari hasil
penelitian ini, diperoleh suatu kesimpulan bahwa ada peningkatan aktivitas
belajar peserta didik. Khususnya pada pengajaran bioteknologi dan
perannya dalam kehidupan manusia kelas IX SMP Muhammadiyah Bintuni. Hal ini
dapat dilihat dari adanya peningkatan secara bertahap dari siklus I sampai
siklus II, dan peningkatan tingkat keberhasilan peserta didik dari observasi aktivitas dengan hasil
pengamatan pada siklus I : 58,6%, pada siklus II : 85,05%. Dengan demikian
pembelajaran IPA yang menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning dapat meningkatkan
aktivitas belajar peserta didik. Penelitian perlu ditindak
lanjuti untuk mengetahui faktor-faktor lain yang mempengaruhi proses belajar
mengajar IPA dengan model
pembelajaran Problem Based
Learning, sehingga dapat melengkapi penelitian yang telah
dilakukan. Saran model
pembelajaran Problem Based
Learning dapat dipergunakan sebagai salah satu
alternatif model pembelajaran IPA dalam meningkatkan aktivitas belajar IPA.
Keyword: PBL, Bioteknologi dan Peranannnya,
Aktivitas Belajar.
Klik download (Full text)
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT Rineka Cipta
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Iman, dkk. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Menggunakan Metode Demonsttrasi. Artikel. Dalam: fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura. Web. 24 Oktober 2020
Jauharul. 2016. Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Online Untuk Pendidikan Jarak Jauh. ISSN. Vol 26 September: 1693-8739. Web. 12 Oktober 2020
Prasetyo, Z. 2013. Konsep Dasar Pendidikan IPA. Makalah. Dalam: Bahan Ajar Pemantapan Penguasaan Materi Pendidikan Profesi Guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), 2013. Web. 12 Oktober 2020
Rizwan. 2016. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Belajar IPA Melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Educatio. 2(1): 11-20, 4 April. Web. 24 Oktober 2020
Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Rosarina, dkk. 2016. Penerapan Model Disccovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1). Web. 24 Oktober 2020
Rosdiana, dkk. 2017. Pengaruh Penggunaan Discovery Learning Terhadap Efektivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan. 2(8), 20 Agustus. Web. 24 Oktober 2020
Sudjana, N dan Suwariyah, W. 2010. Model-model Mengajar CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
Tursinawati. 2016. Penguasaan Konsep Hakikat Sains Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. 2(4): 72 – 84. Web. 12 Oktober 2020
Yuliana, N. 2018. Pengunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 2(1), April 2018. Web. 24 Oktober 2020
Jones, Beata. 2019. Good practice: Scaffolded, Collaborative Project-based Learning. Texas: Journal of the European Honors.
0 komentar:
Posting Komentar