Selasa, 01 Desember 2020

KEEFEKTIFAN MEDIA KARTU SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT MURID KELAS V SD INPRES 142 TELLU LIMPOE KAB. SINJAI

ABD. SYUKUR TAJUDDIN
SD Negeri 142 Kab. Sinjai

 ABSTRAK

Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelompok yaitu satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Populasi  penelitiannya adalah siswa kelas V SD Inpres 142 Tellu Limpoe Kab. Sinjai tahun pelajaran 2012/ 2013. Jumlah sampel sebanyak 40 orang yang diambil melalui teknik sampel total. Dalam pengolahan dan menganalisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes membaca cepat  dan angket respon siswa untuk mengetahui tanggapan dan saran siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukaan bahwa : (1) skor rata-rata tes hasil membaca cepat siswa yang diajar dengan menggunakan media visual hasilnya adalah 82,25 skor tertinggi 100, skor terendah 30, standar deviasi 20.907 sedangkan skor rata-rata tes hasil belajar siswa yang diajar dengan pengajaran langsung adalah 68.25, skor tertinggi 85, skor terendah 40, standar deviasi 18.487. (2) angket respons siswa menunjukkan 100 % siswa memberikan respon positif terhadap pelaksanaan membaca cepat dengan menggunakan media visual. Berdasarkan hasil penelitian, maka pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan media visual lebih baik diterapkan dari pada pengajaran langsung pada siswa kelas V SD Inpres 142 Tellu Limpoe Kab. Sinjai.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Membaca Cepat, Kartu Scramble.


Klik download (Full text)




0 komentar:

Posting Komentar