Selasa, 01 Desember 2020

PENGARUH SUPERVISI PENGAWAS BAHASA INDONESIA TERHADAP KINERJA GURU BAHASA INDONESIA SMA DI KECAMATAN BENTENG, BONTOHARU, BONTOMATENE, DAN BONTOSIKUYU KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

Abdullah
Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui deskripsi supervisi pengawas Bahasa Indonesia SMA di Kec. Benteng,  Bontoharu,  Bontomatene, dan  Bontosikuyu  Kab. Kepulauan Selayar, (2)  mengetahui deskripsi  kinerja  guru Bahasa Indonesia SMA di Kec. Benteng,  Bontoharu,  Bontomatene, dan  Bontosikuyu Kab. Kepulauan Selayar, dan (3) mengetahui pengaruh supervisi pengawas Bahasa Indonesia terhadap kinerja guru Bahasa Indonesia SMA di Kec. Benteng,  Bontoharu,  Bontomatene, dan  Bontosikuyu Kab. Kepulauan Selayar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif dan penelitian  deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Benteng dan SMA Muhammadiyah Benteng (Kec. Benteng), SMA Babussalam (Kec.Bontoharu), SMA Negeri 1 Bontomatene (Kec.Bontomatene), dan SMA Negeri 1 Bontosikuyu (Kec. Bontosikuyu) dengan jumlah guru 16 orang dan seluruhnya dijadikan responden. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah skala Likert. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dan diolah dengan menggunakan program komputer statical product and service solution (SPSS) versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan supervisi pengawas Bahasa Indonesia di Kec. Benteng,  Bontoharu,  Bontomatene, dan Bontosikuyu Kab. Kepulauan Selayar tergolong kategori tinggi, yaitu 31, 25%.  Ini berarti bahwa pengawas Bahasa Indonesia SMA di Kec. Benteng,  Bontoharu,  Bontomatene, dan  Bontosikuyu Kab. Kepulauan Selayar telah melaksanakan supervisi dengan   baik, (2) kinerja guru Bahasa Indonesia SMA di Kec. Benteng,  Bontoharu,  Bontomatene, dan  Bontosikuyu Kab. Kepulauan Selayar tergolong kategori tinggi,  yaitu 37,50%.  Ini berarti bahwa guru-guru Bahasa Indonesia SMA di Kec. Benteng,  Bontoharu,  Bontomatene, dan Bontosikuyu Kab. Kepulauan Selayar sudah melaksanakan tugas dengan baik, dan (3) supervisi pengawas Bahasa Indonesia berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru Bahasa Indonesia SMA di Kecamatan Benteng,  Bontoharu,  Bontomatene, dan  Bontosikuyu Kab. Kepulauan Selayar dengan nilai korelasi 0,885 dan nilai regresi 0,784. Nilai korelasi 0,885 berarti bahwa pengaruhnya sangat kuat antara kompetensi pengawas Bahasa  Indonesia terhadap kinerja guru Bahasa Indonesia SMA dan nilai regresi 0,784 berarti bahwa 78,4% kompetensi pengawas Bahasa Indonesia menentukan kinerja guru Bahasa Indonesia SMA.


Kata kunci:  Supervisi Pengawas Bahasa Indonesia dan Kinerja Guru Bahasa Indonesia SMA


Klik download (Full Text)


0 komentar:

Posting Komentar