Selasa, 01 Desember 2020

IMPLIKATUR TINDAK TUTUR GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PALOPO

Hj. Darmawati
Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar

ABSTRAK

Implikatur Tindak Tutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo. Dibimbing oleh bapakA. Rahman Rahim dan Andi Sukri Syamsuri.Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan bentuk implikatur tindak tutur langsung dan tidak langsung dalam interaksi belajar mengajar di kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo.Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yakni mengumpulkan, mengkelolah, menganalisis, dan menyajikan data secara objektif mengenai objek penelitian, yaitu implikatur tindak tutur langsung dan tidak langsung bahasa Indonesia.Berdasarkan penyajian hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan hasil penelitian tentang wujud implikatur tindak Tutur Langsung dan Tidak Langsung guru bahasa Indonesia dalam interaksi belajar mengajar di kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo. Wujud implikatur tindak Tutur Langsung dan Tidak Langsung guru bahasa Indonesia dalam interaksi belajar mengajar di kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo terdiri atas dua bagian, yaitu pujian positif dan negatif.Wujud implikatur tindak Tutur Langsung dan Tidak Langsung dalam interaksi belajar mengajar oleh guru terhadap siswa yang bersifat positif terdiri atas lima bagian, yakni implikatur tindak Tutur Langsung dan Tidak Langsung berwujud tuturan deklaratif yang mengandung makna pragmatik imperatif penerimaan, ajakan, suruhan, dan permohonan. Selanjutnya, implikatur tindak Tutur Langsung dan Tidak Langsung yang bersifat negatif terdiri atas implikatur tindak Tutur Langsung dan Tidak Langsung yang menyatakan penolakan, larangan, teguran, kritikan, dan sindiran.

Kata Kunci: Implikatur, Tindak Tutur Guru, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. 

Klik download (Full text)


0 komentar:

Posting Komentar