Hj. Darmawati
Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar
ABSTRAK
Implikatur Tindak Tutur Guru dalam Pembelajaran
Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo”. Dibimbing oleh bapakA. Rahman Rahim dan Andi
Sukri Syamsuri.Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan
bentuk implikatur tindak tutur langsung dan tidak langsung dalam interaksi
belajar mengajar di kelas VIII SMP Negeri
2
Palopo.Penelitian
yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yakni
mengumpulkan, mengkelolah, menganalisis, dan
menyajikan data secara objektif mengenai objek penelitian, yaitu implikatur
tindak tutur langsung dan tidak langsung bahasa Indonesia.Berdasarkan penyajian hasil
analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan hasil penelitian tentang wujud
implikatur tindak Tutur Langsung dan Tidak Langsung guru bahasa Indonesia dalam
interaksi belajar mengajar di kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo. Wujud implikatur
tindak Tutur Langsung dan Tidak Langsung guru bahasa Indonesia dalam interaksi
belajar mengajar di kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo terdiri atas dua bagian,
yaitu pujian positif dan negatif.Wujud implikatur tindak Tutur Langsung dan Tidak
Langsung dalam interaksi belajar mengajar oleh guru terhadap siswa yang
bersifat positif terdiri atas lima bagian, yakni implikatur tindak Tutur
Langsung dan Tidak Langsung berwujud tuturan deklaratif yang mengandung makna
pragmatik imperatif penerimaan, ajakan, suruhan, dan permohonan. Selanjutnya,
implikatur tindak Tutur Langsung dan Tidak Langsung yang bersifat negatif
terdiri atas implikatur tindak Tutur Langsung dan Tidak Langsung yang
menyatakan penolakan, larangan, teguran, kritikan, dan sindiran.
Kata Kunci: Implikatur, Tindak Tutur Guru, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Klik download (Full text)
0 komentar:
Posting Komentar