Sabtu, 01 Januari 2022

Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Pokok Bahasan Interaksi Sosial melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning pada Siswa Kelas X MIA 1 SMA Insan Cendekia Syech Yusuf

ASHAR MUSYAFIR, S.Pd.
SMA INSAN CENDEKIA SYECH YUSUF
Email: musyafirashar@gmail.com   

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sosiologi pokok bahasan Interaksi Sosial melalui model pembelajaran Cooperative Learning pada siswa kelas Kelas X MIA 1 SMA Insan Cendekia Syech Yusuf.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Reaserch) yang dibagi dalam dua siklus dengan 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilakukan secara berulang. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X MIA 1 SMA Insan Cendekia Syech Yusuf. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Insan Cendekia Syech Yusuf tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 31 orang, terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terjadi peningkatan hasil belajar sosiologi melalui model pembelajaran Cooperative Learning siswa kelas X MIA 1 SMA Insan Cendekia Syech Yusuf pada siklus I yang tuntas secara individual dari 31 siswa hanya 29 siswa atau 82,1% dengan nilai rata-rata hasil yang diperoleh sebesar 70 dan pada siklus II meningkat dari 30 siswa atau 96,5% dengan nilai rata-rata 80,6. 2) Hasil analisis kualitatif menunjukkan adanya perubahan yang terjadi pada sikap siswa selama proses pembelajaran sesuai dengan hasil observasi yaitu dengan adanya penerapan model pembelajaran Cooperative Learning pada materi Interaksi Sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa, minat belajar siswa serta dapat meningkatkan kehadiran siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Cooperative Learning.

Klik unduh (full text)





References

Abimanyu Soli. 2008. Strategi Pembalajaran 3 SKS. Direktorat jendral Pendidikan Tinggi Departeman Pendidikan Nasional.

Catharina. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Pres 

Depdikbud. 1999, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Dr. Bangong Suyanto. Masalah Sosial Anak. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri

Hidayat, Komaruddin. 2009. Active Learning. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Kunandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Luth, Nursal. 1992. Kamus Sosiologi Dan Antropologi. Jakarta: PT Galaxy Puspa Mega.

Muslich Masnur. 2009. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas)Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Muin, Idianto.2006.Sosiologi SMA/MA untuk kelas X.  Jakarta: Erlangga.

Narwoko Dwi, Suyanto Bagong. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan.Surabaya: Kencana.

Piotr Sztompka.2011. Sosiologi Perubahan Sosial. Prenada Media Group, Jakarta.

Ritzer, George – Douglas J. Goodman. 2011. Teori Sosiologi Modern, Edisi ke 6. Jakarta.

Silberman L, Melvin.1996. Lightening the Learning Climate. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Sugiharto, Bambang, 1996, Post-Modernisme-Tantangan bagi Filsafat, Yogyakarta: Kanisius.

Sudjana. 2001. Model Statistika.Bandung:  Tarsito.

Soekanto, Soerjono. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajagrafindo Persada. 

Sanjaya Wina. 2005. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompotensi. Bandung: Kencana.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Soekanto Soerjono. 2009. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Landasan, Dan Inplementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: kencana.

Tiro Arif Muhammad. 2000. Dasar- Dasar Statistika. State University of Makassar Press.

Upe Ambo. 2010. Tradisi Aliran Dalam Sosiologi Dari Filosofi Positivistik Ke Post Positivistik. Jakarta: Rajawali Pers.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003, Cet. II,  Bandung: Fokus Media.

Zainap Aqib. Model-Model, Media, Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Yrama Widya.

 

0 komentar:

Posting Komentar