ILHAM ZULHIDAYAT BURSAN
hidayatilham85@gmail.com
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui bentuk-bentuk interferensi morfosintaksis bahasa Bugis pada pada tindak tutur guru dalam pembelajaran BI SMA Negeri 1 Bone Kabupaten Bone, 2) untuk mengetahui faktor yang memengaruhi terjadinya interferensi morfosintaksis bahasa Bugis pada pada tindak tutur guru dalam pembelajaran BI SMA Negeri 1 Bone Kabupaten Bone; dan 3) untuk mengetahui upaya guru dalam menghilangkan interferensi morfosintaksis bahasa Bugis dalam pembelajaran BI di SMA Negeri 1 Bone Kabupaten Bone. Target khusus penelitian ini yaitu: 1) deskripsi mengenai bentuk-bentuk interferensi morfosintaksis bahasa Bugis dan faktor yang mempengaruhinya pada pada tindak tutur guru dalam pembelajaran BI SMA Negeri 1 Bone Kabupaten Bone; dan 2) draft model normalisasi bahasa guru khususnya guru BI agar terhindar dari interferensi bahasa Bgis dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Kabupaten Bone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan prilaku yang dapat diamati dari subyek itu sendiri. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah dokumentasi, baca, catat, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Analisis kualitatif dilakukan setelah semua karangan siswa dikumpulkan, diperiksa, dan dianalisis berdasarkan pendekatan analisis kontrastif, sehingga dapat diidentifikasi ragam interferensi yang terjadi. Langkah terakhir yaitu, data dianalisis secara analisis deskriptif kuantitatif dilakukan guna mengetahui intensitas dan frekuensi bentuk interferensi yang terjadi pada tindak tutur guru BI.
Kata
Kunci: Interferensi, Morfologi, Sintaksis, dan Tindak Tutur Guru.
Klik download (Full text)
References
Agustina, Alena. 2013. Meretas Bahasa Mengaji Pragmatik. Humaniora Jurnal of Culture, Literature, and Linguistic (UGM). Vol. 16, No 2. Hal 107-122.
Aspar, Andi. 2014. Pengaruh Bahasa Ibu terhadap Kemampuan Berbicara Siswa. Jurnal Semantik (Uncok). Vol. 1, No.2. Hal 30-45.
Alwi, Hasan dkk. (Eds). 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Almiah, Andi. 2014. Keterampilan Berbahasa Indonesia. Makassar: Pustaka LontataChaer, Abdul dan Leoni Agustina. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Cahyono, Rendra. 2010. Pengantar Linguistik umum. Jakarta: Kencana. Gie,The Liang .1998. Ensiklopedia Administrasi. Jakarta: Gunung Agung
Haugen, Einar. (1968). Bilingualism in the American: A Bibliografi and Research Guide. Alabama: University Alabama Press.
Hymes, Dell. 1974. Foundation of Sosiolinguistics. Philadelphia : University of Pensy lvania Press.
Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Grammedia Pustaka Utama.
Mulawarman. 2014. Based Local Wisdom Learning the culture of South Sulawesi. Journal of Arts & Humanities. Vol. 3 Nomor 10. Hal 50-60.
Nida, Eugene A. 1962. Morphology the Descriptive Analysis of Words. Ann Arbor: Gramedia.
Likuilt, M. 2013. Kesantuna Berbahasa Kalangan Remaja di Skolah. Menengah. Jurnal Bahasa (Dewan Bahasa dan Pustaka Malaysia (Online), dalam jurnal-bahasa.dbp.my, diakses tanggal 1 Mei 2016.
Ohoiwutun, Paul. 2002. Sosiolinguistik Memahami Bahasa dalam Konteks Masyarakat dan Kebudayaan. Jakarta: Kesaint Blanc.
Parawansa, Paturungi. 1981. “Kajian Interferensi Morfologi pada Dwibahasawan Anak Murid Sekolah Dasar di Daerah Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan”. Disertasi. Malang: IKIP Malang.
Parera, Jos Daniel. 1997. Linguitik Edukasional: Metodologi Pembelajaran Bahasa, Analisis Kontrastif Antarbahasa, dan Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Erlangga.
Tarigan, Henry Guntur. 1985. Pengajaran Sintaksis. Bandung: Angkasa.
Suwito, Ahmad. 2015. Konsep "Income" dalam Realitas Budaya Siri' na Pacce. Jurnal Mama “Masyarakat Bahasa. Vol. 1, No. 2. Hal 66-73.
Septiandini, Arini. 2012. Pemertahanan Bahasa Daerah dalam Dialektika Global. Jurnal . Humaniora dan Sastra. Vol. 2, No.2. Hal. 55-70.
Tarman, dan Arif Muhsin. 2016. The Developtment of Creative Writing Model on Short Story Based Siri’ Na Pacce at the XI Class Senior High Schools in Makassar. Journal of Educational and Social Research MCSER Publishing, Rome-Italy. Vol. 6 No 1. Hal 52-58.
Triatno. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Bahasa Indonesia, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan
0 komentar:
Posting Komentar